Tuesday 7 April 2015

Kurang Beruntung Memilih PO. Sumber Alam

Bus Sumber Alam Kala Senja
Kejadian berawal saat kami berempat yakni gue, Fajar, Chely dan Vickyantoro akan berlibur ke Jogja. Berikut kronologi tentang kurang beruntungnya kami.
Hari itu adalah Senin
atau tiga hari sebelum pemberangkatan, gue dan Chely pergi membeli tiket Bus PO. Prayogo di agen Kalimalang Jakarta Timur. Bus itu merupakan sebagian kecil dari bus yang tersisa jurusan Jakarta-Jogja dan merupakan rekomendasi gue karena sebelumnya gue pernah menaikinya saat mudik ke Jogja.

Setelah memesan bus tersebut selang dua hari kemudian tepat pada hari rabu sore kami dihubungi oleh agen tempat kami membeli tiket bahwa Bus yang kami pesan mengalami masalah pada toiletnya. Maka kami pun mengkonfirmasi dengan mendatangi agen tersebut dan bermaksud membatalkan pembelian tiket. Selanjutnya kami pergi ke terminal Rawamangun untuk membeli tiket bus lainnya dengan banyak pilihan. sebenarnya hal ini tidak gue rekomendasikan karena jarak dari tempat kami di Jatibening Bekasi ke terminal Rawamangun cukup jauh. Namun karena teman-teman menginginkan bus yang bagus dan nyaman maka gue aminkan saja keinginannya. Singkatnya kami mendapatkan bus dengan harga standar. Bus itu pernah gue dengar sebelumnya namun untuk kenyamanan bus itu gue belum bisa jamin justru firasatku sedikit kurang nyaman.

Kamis pun tiba, dan tepat pada jam empat kami sudah berada di terminal Rawamangun menunggu Bus. Sore itu hujan yang tidak terlalu lebat. Kami pandangi bus yang akan kami tumpangi dari kejauhan. Terbaca jelas di sana "Sumber Alam" nama bus itu. Kusam, kotor, warna cat yang sudah memudar, ada kaca yang pecah, dempulan yang masih tampak, sebagian bodi retak. Namun sayang gue tak bisa abadikan fotonya karena hujan
Setelah masuk di dalamnya dan waoowww... Tidak wangi, jok yang sudah kusam, interiornya sudah banyak yang kropos, dan bagian atap yang memancurkan air hujan.
"Busyeettt...bus apaan nih??" cela si Fajar. Gue hanya ketawa menghibur diri dari kekecewaan.
Nih penampakan busnya dari dalam.
Gambar di atas sambil diiringi teriakan penumpang lain yang joknya sudah basah karena bocor. dan air pun sudah mengalir di lantai bus. Benar-benar pengalaman konyol bersama bis ini. Semua penumpang mengumpat perihal bus ini. "Ini yang terakhir dan nggak lagi-lagi naik bis ini" jamak kami meneriakkan.

Gue termasuk orang yang sangat marah dan kecewa karena mendapat barang yang tidak sesuai. Sebenarnya mungkin masih ada bis lain yang masih layak, namun ini adalah kesalahan terbesar PO. Sumber Alam dengan pelayanan yang tidak bisa diterima oleh konsumen. Gue tidak tahu ini kesalahan yang keberapa kalinya namun yang pasti setelah ini sebagian konsumen termasuk kami tidak mempercayainya lagi.

Kekecewaan itu belum berhenti sampai di situ. Hingga perjalanan yang sangat lambat dikarenakan single sopir, berhenti di Rumah makan yang tidak enak dan dengan pelayanan sekedarnya.
Alhasil perjalanan Jakarta-Jogja ditempuh dengan 17 jam. Padahal waktu normal maksimal adalah 12 jam.

Ini penampakan busnya yang gue ambil dari laman Google
Intinya, jika perusahaan itu ingin terus maju dan menjadi prioritas konsumen maka layani konsumen dengan sebaik-baiknya berikan kenyaman dan jangan pernah dikecewakan. Semoga PO. Sumber Alam dapat belajar dari pengalaman buruk ini.




24 comments:

  1. Itu bus angkutan manusia apa hewan ternak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya secara tidak langsung manajemen PO. Sinar Jaya menganggap konsumen itu hewan.Biar semua jadi pelajaran bagi kita semua.

      Delete
    2. ehh maaf ralat PO. SInar Jaya seharusnya PO. Sumber Alam. terimakasih

      Delete
  2. Nama nya juga PO.Sumber Alam alias (Menyatu Dengan Alam) sampe dalam Bus nya kebanjiran.

    ReplyDelete
  3. saya dari kecil naek bus sumber alam kalo mudik, sungguh gak ada kemajuan pelayanan dan fasilitas bus itu, sekarang saya lebih memilih kereta atau bus eksekutif lain yang sudah membuka rute jurusan jogja via pwrejo seperti lorena, pahala kencana dan rosalia indah. mereka jauh lbh nyaman dengan fasilitas bus baru+bantal+selimut+toilet dan makan prasmanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah semoga PO. SUmber Alam dapat belajar dari PO yang lain

      Delete
  4. Mlm ini suami saya ketinggalan bus sumber alam dari Pangkalan Jati tujuan Jogja AA 1431 GC saat transit di Rm daerah Indramayu,brg bawaan dan tas di dlm bus.Bus pergi tanpa permisi pdhal hanya ditinggal ngopi.Bgmn ini driver dan co driver....?

    ReplyDelete
  5. Mlm ini suami saya ketinggalan bus sumber alam dari Pangkalan Jati tujuan Jogja AA 1431 GC saat transit di Rm daerah Indramayu,brg bawaan dan tas di dlm bus.Bus pergi tanpa permisi pdhal hanya ditinggal ngopi.Bgmn ini driver dan co driver....?

    ReplyDelete
  6. Mlm ini suami saya ketinggalan bus sumber alam dari Pangkalan Jati tujuan Jogja AA 1431 GC saat transit di Rm daerah Indramayu,brg bawaan dan tas di dlm bus.Bus pergi tanpa permisi pdhal hanya ditinggal ngopi.Bgmn ini driver dan co driver....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh turut prihatin mbak. trus kelar endak urusannya?

      Delete
  7. Replies
    1. Mas, tolong lah perbaiki pelayanannya, klo ke jakarta naik bus ini,, sering kesiangan,, bawanya pelan

      Delete
    2. iyah maaf, saya ambil dari laman penelusuran google images. mohon izin mas :)

      Delete
    3. MOnggo Mas silakan ...

      Delete
  8. Wah ini ada mas Toni (yg punya sumber alam) he he,, mohon ditanggapi, he he

    ReplyDelete
  9. Iya terakhir saya naik bis S A tahun 2010...kapok...gak pernah bener...

    ReplyDelete
  10. tergantung mas Kelasnya yang apa? kalo Eksekutif Bus nya bagus2 ya sih beda jauh kalo dibandingkan bis Rosalia indah/Pahala kencana/ramayana/Safari dharma raya/lorena
    sesuai dgn harganya mas sumber alam terjangkau kalo mau yg mahal bnyk kualiatas juga bagus

    ReplyDelete
  11. Menurut saya mendingan naik bus ekonomi atau ac tetapi yang non stop biar cepat

    ReplyDelete
  12. Saya juga nyesal sama sumber alam, saya bayar 130.000 buat 2 orang yg patas AC buat besok nya,dikarcis jg tertulis 260.000 utk 2bangku,giliran waktu nya dikarcis ditulis 100.000/orang,bangsat emang!! Sy beliin buat org tua saya biar nyaman klopun ga eksekutif patas AC ud lumayan dikasih nya ekonomi AC itu juga di oper dikutoarjo,kejadian beli booking tanggal 25 november 2017 jalan keberangkatan 26 november 2017 jam 02.00,saya bakal bikin perhitungan sama yg jualan di penjual tiket daerah terminal giwangan sewaktu saya ke jogja,. Rekomendasi dari saya utk yg lain pilih minim bus sinar jaya,selama sy naik sinar jaya ga ada kendala harga tiket 120.000 udah lumayan meski blm toilet..untuk kelas menengah!! Sy bukan dr pihak sinar jaya ini bt perhitungan sama sumber alam,biar skalian ga laku,jika kalian suka bus excekutif recomended rosalia indah. Insya allah tdk mengecewakan,kemaren sy ga beli sinar jaya posisi nya sy trlalu sore loket ud tutup karna ada bpk" bawel kena jg sy,ini bukan masalah kena atau tdk ini soal kebohongan dr kong kalikong sumber alam,sy tetap akan bikin perhitungan nanti awal tahun baru di loket kemarin di trminal giwangan jogja.

    ReplyDelete
  13. nah mungkin itu calo mas. kebanyakan calo emnag tukang boong sih hehe. lebih baik mas beli di agen langsung dan minta no CP nya jadi sewaktu-waktu beli tinggal telpon ndak perlu datang ke agen. dan pilih bis yg punya track record bagus. semoga membantu.
    sabar yah mas hehe

    ReplyDelete
  14. Memang ini bus sudah sepi peminatny,karena ya telat peremajaan dan banyak keluhan. Drivernya sendiri banyak yang pindah ke PO lain. Sungguh menyedihkan.

    ReplyDelete
  15. Aku pernah naek bus ini pertengahan thn 2019 dan bikin dilarang bus lagi T_T jogja -jkt 24 jam beneran dan aku sampe bolos kerja, busnya bobrok bgt pokoknya parah sampe kyk mau nangis pas ga sampe2

    ReplyDelete