Saturday 26 December 2015

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Di Aceh

PLTD APUNG 1 BANDA ACEH
Sebagaimana kita tahu bahwa Aceh adalah daerah paling barat Indonesia yang memiliki banyak cerita dan pemberitaan. Aceh merupakan nama terakhir dari perubahan nama sebelumnya yaitu Daerah Istimewa Aceh (DIA), Nangro Aceh Darussalam (NAD), dan terakhir adalah Aceh. Nampaknya penamaan itu cukup mempengaruhi dalam daftar daerah atau provinsi di Indonesia. Aceh merupakan daerah yang selalu tersebut lebih dahulu dalam daftar. Selain itu menurutku Aceh akan terlihat lebih dahulu saat kita melihat peta yakni dari kiri ke kanan atau dari barat ke timur.
Intinya Aceh layak dinomor satukan, begitulah harapan masayarakat Aceh.
Nah sekarang apa yang harus kita lakukan saat berada di sana?
Penulis akan berbagi tentang hal-hal yang harus dilakukan saat berada di Aceh di antaranya:

1.  Totalitas Bertugas

Ini hanya berlaku jika kita ke sana dalam rangka mengemban tugas baik itu dinas maupun swasta. Orang-orang Aceh akan senang melihat kinerja kita yang bagus dan totalitas. Karena hanya dengan aksi dan pembuktian yang nyata yang bisa mereka percaya. Bukan hanya sekedar janji maupun pembicaraan semata. Mungkin di semua daerah sama, namun penulis merasakan bahwa negosiasi harus benar-benar harus terbukti di sana.
Untuk kalian yang hanya sekedar berkunjung untuk bermain poin ini bisa dicoret.
Melakukan pekerjaan di Lab Aplikasi

2. Dekat dengan Mereka

Bergaulah dengan baik bersama masyarakat Aceh maka mereka pun akan menyambut kita dengan baik. Dan sesekali mengobrolah sedikit lama tentang Indonesia. Indonesia bukan hanya soal pemerintahan yang selalu gaduh, tetapi lebih kepada hubungan rakyat dari tanah dan air yang sama sehingga semua adalah keluarga. Ini penting menurut penulis, karena tidak sedikit dari mereka yang memang sudah gundah dengan pemerintahan negeri ini. Bahkan yang lebih menakutkan sebagian mereka lebih memilih di bawah kepemimpinan negara Jiran Malaysia ketimbang Indonesia. Ini didasari dari histori hubungan kerajaan Aceh dan kerajaan Malaysia di masa lalu.
So, lakukanlah pertemanan dengan baik dengan mereka Insyaallah hubungan harmonis sesama warga negara tetap terjalin rukun dan bersatu.
Santai bersma teman-teman setempat dengan teh hangat
Jersey dari kedua komuitas yang diikuti (CISC Aceh-Jogja)
Nonton Bareng Chelsea vs MU (CISC Aceh)

3. Kunjungi dan Sholat di Baiturrahman

Penulis pikir bahwa inilah Mekah mini nya Indonesia. Sungguh agung dan luar biasa masjid ini. Berdiri kokoh di antara lainnya. Banyak sekali dikunjungi warga local maupun warga domestik dan manca negara. Masjid ini sempat menjadi trending topic pasca tsunami dimana menjadi tempat menyelamatkan diri dan berlindung dari air. 
Masjid Raya Baiturrahman
Keadaan di dalam masjid Raya Baiturrahman

4. Nongkrong di Warung Kopi

Nah ini masih ada kaitannya dengan nomor 2. Nikmati malam setelah seharian bekerja. Lepaskan gundah dengan mengobrol dan mencicipi aneka minuman dan camilan khas Aceh bersama mereka. Warung kopi ngtrend sekali di tanah ini. Banyak sekali dijumpai di mana-mana. Mereka berlomba-lomba untuk menarik minat pembeli dengan segala fasilitas seperti TV plasma atau projector untuk menonton sepak bola domestik maupun manca negara ataupun gelaran Moto GP. Dan tak ada warung kopi yang tak ramai. Apalagi jika ada BIGMATCH, wah sampai tak kebagian tempat duduk jika telat datang.
Menariknya lagi di setiap warung kopi mereka selalu menyediakan Mushola agar pengunjung tidak meninggalkan sholat. Bagus nih!
Nongkrong dan ngobrol di warung kopi
Bercanda ria di warung kopi

5. Kunjungi Situs Tsunami dan Bersejarah

Banyak sekali titik yang dijadikan monumen atau menjadi situs tsunami untuk dikenang. Sungguh Allah menampakkan kekuasanNya kepada kita. Betapa dahsyatnya peristiwa Tsunami hingga meninggalkan bukti betapa kuasaNya di luar nalar manusia. Kapal besar terdampar di tengah pemukiman warga walau tidak merusak rumah warga sekitar, bayi yang terselamatkan, masjid-masjid yang tetap berdiri kokoh walau bangunan sekitar luluh lantah, Lantai Baiturrahman yang tidak terendam air bah, dan masih banyak lagi cerita-cerita tak masuk akal lainnya. Namun sekali lagi bagi Allah sungguh agung kuasaNya.
Salah satu Monumen Tsunami Aceh
Salah satu situs bersejarah yang dikunjungi

6. Berburu Kuliner

Rempah-rempah khas Aceh sungguh terasa saat mencicipi makanannya. Dan ganja adalah salah satu bumbu penyedap masakan. Barangkali ini wajib karena disitulah letak kekhasannya dan ini sudah menjadi rahasia umum di tanah Aceh. Namun menjadi tidak baik ketika ganja kemudian disalah gunakan. Dan Aceh menjadi tercoreng citranya karena penyalah gunaan tumbuhan ini.
Salah satu kuliner Aceh (Bebek Bireuen)
Roti Samahani
Mie Aceh Rebus (MoNas)

7. Berburu Durian

Durian Aceh nikmatnya luar biasa dan tentunya murah banget. Ini yang bikin puas.
Makan durian di Pasar durian
Durian Aceh

8. Berburu Batu Giok

Giok Aceh yang banyak macamnya sudah terkenal hingga manca negara. Dan sampai detik ini penulis belum begitu faham kenapa pasar batu cincin semacam giok sempat mengalahkan pasaran emas. Barangkali China yang memainkan pasar ini. Siapa lagi yang menguasai perdagangan dunia kalau bukan China. Dan diprediksi ini tidak akan lama. Tapi yaa "so far so fun".
Giok Aceh

9. Jelajah Alam

Jelajahi seluruh bagian Aceh maka akan menemukan banyak sekali keindahan panorama alam di penghujung Indonesia
Pantai Laut Banda
Bukit Soeharto

10. Masak di Hutan

Ini masih rangkaian dari no 9. Dan menurut penulis ini cukup unik. Dimana teman-teman di sana membawa peralatan masak serta bahan bumbu yang lengkap yang sengaja disiapkan dari rumah untuk dibawa ke tempat yang indah lalu makan bersama dengan sangat nikmat. Ini unik dan mengasyikkan.
Masak di hutan pinggir laut

11. Gowes

Aceh masa kini sedang digalakkan Go Green dan menyemarakkan bersepeda. Ini keren.
Event gowes diadakan instansi
Pasukan gowes KONI Aceh

12. Sempatkan Nyebrang ke Sabang dan KM 0 Indonesia

Inilah titik dimana kalian akan sangat mencintai Indonesia dengan segala isinya.
Kilometer 0 Indonesia

13. Bertemu dengan Minoritas Orang Jawa

Cari mereka dan berkenalanlah maka mereka seperti didatangi saudara sendiri. Suruhlah mereka bercerita pengalaman-pengalamannya maka kita turut merasakannya ekspresi yang mereka rasakan.
Warung makan Wong Solo
Bakso Solo karya pakde Sukirdi orang Prambanan Yogyakarta

14. Ngobrol dengan Sesepuh/Tengku

Banyak sekali cerita historis dari pengalamannya maupun cerita turun temurun tentang Aceh. Dan di sinilah kalian akan merasa dekat dengan Aceh. Aceh sungguh luar biasa.
Bunda Lin sedang menumpahkan semua pengalamannya

15. Mengaji

Rugi jika sudah datang ke Aceh tidak menyempatkan untuk mengaji. Banyak ustad ataupun Tengku yang bisa korek ilmunya untuk menambah kekuatan spiritual kita. Sempatkan poin ini gaess.
Siap mengaji dengan songkok rencong khas Aceh
Nah itulah beberapa pengalaman yang harus dilakukan di tanah Rencong. Ada yang mau nambahin silakan... :)

 

1 comment: