Friday 25 May 2018

Jangan Merokok Sembarangan


Artikel ini akan sedikit nylekit bagi para perokok, tapi tenanglah di akhir artikel akan saya bikin bangga anda karena telah merokok.

Begini yah,
saya benci sama perokok sembarangan. Ya sebenarnya semua aktivitas yang sembarangan itu tidak baik dan menjengkelkan.
Menurut saya merokok sembarangan itu adalah merokok yang membuat rugi orang yang tidak merokok. Tidak perlu saya terangkan apa alasan orang-orang yang tidak merokok. Karena kita semua sependapat bahwa rokok itu menyebabkan gangguan kesehatan dan lingkungan. Tetapi jika kemudian para perokok berpendapat bahwa justru dengan merokok bisa membuat hidup lebih bergairah ya monggo. Itu sah-sah saja.


Yang jadi masalah adalah:
  1. Kamu ngidupin rokok pakek korek minjem lantas korek itu lenyap seketika. Entahlah mungkin ikut kamu telan yah.
  2. Menyembulkan asap tanpa rasa dosa. Mbok dipikir orang yang ada di sebelahmu itu merasa nyaman atau tidak. Terlebih aromanya bercampur dengan sambel bawang yang barusan kamu makan. Ini sangat menyebalkan.
  3. Ampas/Abu rokok glepretan kemana-mana menimbulkan kotor dan jorok. Ndak usah merokok kalau buang abunya sembarangan.
  4. Putung rokok dibuang sembarangan. Ini masih kaitannya sama yang ketiga dan lebih parah malah. Tau nggak, akibat kamu buang putung rokok sembarangan adalah:
  • Ditemukan anak kecil yang belum nalar lalu disedot tuh putung yang masih ada tembakaunya. Ini bahaya men!
  • Membahayakan orang lain. Kaki saya pernah terkena putung rokok yang bara tembakaunya belum mati. Pedih men! Untung cuma kaki coba kalo POM bensin atau hutan gitu. Kan jadi kebakaran. Trus kalok sudah kebakaran gitu kamu pasti cuma plonga-plongo sok bego walaupun memang bego bener.
  • Menimbulkan sampah. Lihat siring-siring yang tersumbat, banyak sekali ditemukan putung rokok di sana. Ini akan mengakibatkan banjir. Trus kalo sudah banjir lagi-lagi kamu kembali akan plonga-plongo dengan ke-bego-an yang berkali lipat.

Jadi tolonglah untuk tetap menggunakan nalar dan pikiran dalam merokok. Jadilah perokok yang higenis keren dan elegan. Jangan kemproh!

Karena dunia ini bukan hanya milik kamu, tapi milik kita. Semua berhak atas rasa nyaman dan kesehatan. Jangan kamu pikir kami harus menghormati para perokok. Itu kebalik dan sebuah logika yang goblok.

Semoga kita saling menyadari atas semua yang telah kita lakukan. Intinya, lakukan yang baik tanpa harus merugikan orang lain.

Teruslah merokok dan jangan memaksa berhenti jika memang belum mampu berhenti. Karena negara ini bisa kaya berkat sumbangsih kalian para perokok. Kalian juga turut berperan dalam kemajuan prestasi bangsa atas beasiswa yang selalu diberikan kepada putera putri bangsa oleh pabrik-pabrik rokok.

Sekian dan tersinggunglah demi sebuah perubahan.
Very2 muech...

No comments:

Post a Comment