Thursday 19 January 2017

Sambisari, Candi Terpendam di Barat Prambanan

Candi Sambisari, Kalasan, Yogyakarta
Halo brader n sister tukang jalan-jalan, mainlah ke candi agar kita tidak tabu ama sejarah. Candi merupakan
bangunan kuno bersejarah yang banyak kita jumpai di Indonesia. Hingga kini blm ada tulisan yang menerangkan jumlah candi yang ada di Indonesia mungkin saking banyaknya kali yah.
Barangkali kalau mau mengkorek informasi lebih dalam kita perlu mengunjungi Dinas Pariwisata dan kebudayaan. Atau biasanya simbah-simbah yang paham sejarah lebih betah diajak cerita sejarah.

Kali ini saya akan berbagi salah satu candi yang terpendam dari permukaan bumi. Candi ini merupakan candi Siwa yang terletak di desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, sekitar 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman kerajaan Mataram Kuno.

Memang sih, tidak semegah candi Prambanan atau Ratu boko yang sama-sama berada di Jogja dan sudah ngetrend di kalangan wisatawan lokal maupun mancalnegara eh mancanegara kamsudnya, namun candi ini memiliki keunikan karena letaknya yang berada di bawah permukaan bumi. saya kok jadi mbayangin kalok hujan gede gitu trus banjir candi itu jadi terendam dan jadi danau hehe nauzubillah lah yaa.

Saya rekomendasikan kalok ke candi ini mendingan sore hari sekitar ba'da ashar karena suasana lebih nge-hits dan rileks banget apalagi nggandeng orang tersayang wah syahdu lah pokoke sambil keliling candi sepuasnya tanpa kepanasan.

Buat anak-anak rantau yang sedang ngekos di Jogja, luangkan waktumu buat jalan-jalan kesini biar nggak cupu. Dan biaya tiket masuknya murah lho cuma 2ribu kalok ndak salah trus juga disediakan parkir di pinggir komplek candi cuma bayar seribu. Disamping itu kalok kalian haus ato lapar ada banyak jajanan di situ. Pokoknya santai kayak di pulau dan selow kayak di pantai (biarin kebalik sengaja).

Nih tak iming-iming hasil jepretan saya saat di sana.
Jalan mengelilingi sisi candi
Masuk ke bangunan candi utama
Masuk ke ruang candi utama
Di dalam ruangan candi utama
Lebih detailnya lihat video ini


Segitu saja yang dapat saya bagikan dan slamat jalan-jalan semoga berbahagia. Very2 muechh...

No comments:

Post a Comment